on Saturday, September 22, 2012
Bahaya Propolis ? Apakah benar ada bahaya propolis ? Mengkonsumsi Propolis apakah benar-benar Berbahaya ? Coba Anda lihat kembali artikel di blog ini mengenai Efek Samping Propolis dan Efek Samping Propolis Melia. Di sana sudah detail dijelaskan mengenai apakah ada efek samping dari mengkonsumsi propolis.




Jika kita mengkonsumi propolis biasanya ada tindak balas yang positif seperti : jantung berdebar-debar untuk mereka yang mengalami penyumbatan pembuluh darah di jantung. Biasanya ada efek yang dikenal dengan efek detoksifikasi yang timbul dari penggunaan propolis tertentu seperti : gatal-gatal, jantung berdebar, bengkak, kulit kaki terasa tebal, demam, sakit kerongkongan, batuk atau kedinginan. Anda jangan khawatir mengenai efek yang timbul, tidak ada bahaya dari propolis.

Jarang sekali ada artikel yang membahas Bahaya Propolis. Hal ini dikarenakan memang belum ditemukan laporan yang menyebutkan ada bahaya jika mengkonsumsi propolis yang ada banyak Manfaat Propolis. Pertanyaannya adalah bagaimana kalau kita mengkonsumsi propolis terlalu berlebihan. Propolis harus dikonsumsi berdasarkan aturan pakai, Anda bisa melihat artikel saya mengenai Dosis Melia Propolis, di blog tersebut dijelaskan detail mengenai cara penggunaan Melia Propolis.

Ulasan di bawah ini mungkin mengingatkan Anda kembali asal mulanya propolis. Sehingga Anda bisa mengambil kesimpulan apakah ada bahaya propolis atau tidak ?

Apa itu Propolis ?

Sebenarnya Propolis dikumpulkan oleh lebah dari tumbuh-tumbuhan atau pucuk muda serta kulit pohon terutama jenis pohon poplar kemudian dicampur dengan air liurnya. Propolis tersebut berfungsi untuk menambal lubang dalam sarang lebah yang melindungi lebah dari berbagai serangan bakteri, jamur dan virus. 

Bagaimana terjadinya Proses Propolis ?

Lebah dipelihara di dalam sarang atau kotak lalu dikikis. Propolis lebah menggunakan alat khas atau kertas khusus dan dipanaskan sampai 60 – 70 derajat celcius untuk mencairkannya kemudian menyaringkan lilin lebah dan kotoran lain sebelum menjadi ‘water base’.

Propolis sendiri mengandung protein (16 jenis asam amino bebas), 14 trace mineral terutama zat besi dan seng, vitamin A, B Compleks, vitamin C, D dan E. Propolis juga mengandung biotin, bioflavonoid, glukosa dan zat-zat nutris penting lainnya.

Dari ulasan di atas Anda bisa mengambil kesimpulan apakah ada bahaya propolis ?